Daras Perjuangan HMI, Visioning Jemput Bonus Demografi

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR - HMI didirikan pada tangal 14 Rabiul Awal 1366 H atau bertepatan pada tangal 5 Februari 1947. Dua tahun setelah diproklamirkannya kemerdekaan Negara Republik Indonesia.

Organisasi yang sering dikenal sebagai organisasi hijau hitam ini telah lama memberikan sumbangsih dan pengabdian atas negara dan masyarakat indonesia umumnya tidak terlepas dengan tujuan utama beridirinya organisasi yakni Mempertahankan dan mempertinggi derajat rakyat Indonesia dan Menegakak dan mengembangkan ajaran agama Islam.

Rumusan gagasan tersebut sangat orisinil dan istimewa mengetengahkan dialetika wacana kebangsaan dan keislaman yang pernah menjadi diskursus oleh tokoh-tokoh muslim seperti H. O. S. Tjokroaminoti dan M. Natsir sejak awal abad ke-20.

Himpunan ini tidak perlu sebuah slogan karna dia bukanlah adegan dan tak perlu arogan karna himpunan memerlukan kader yang berjiwa perjuangan, Sehingan semua kader mampu menjaga keutuhan NKRI.

Sebagai organisa yang lahir, tumbuh dan berkembang di indonesaia hinga saat ini Hmi selalu menjadikan dirinya sebagai lembaga yang produktif untuk mengarahkan menumbuhkan jiwa perjuangan bagi kader-kadernya.

Hal ini juga yang membuat himpunan ini selalu berkembang sampai sekaran dan mampu bersaing secara global.

Sejak didirikan oleh Prof. Lafran pane dan kawan- kawanya pada tahun 1947, HMI mulai berkembang sebagai organisasi mahasiswa, kita mendapati begitu banyak dinamika dan pasang surutnya perjalanan HmI dalam ritme sejarah bangsa kita. Sejak masa-Revolusi hingga masa reformasi. HmI selalu mewarnai denyut nadi bangsa baik dari diskursus gagasan, ide bahkan aksi formasi sosial kebangsaan.

  • Bagikan

Exit mobile version