Kunjungi BLUD RS Konawe, Presiden RI Joko Widodo Apresiasi Keberanian Kepala Daerah Dalam Mencari Alternatif Pembiayaan Pembangunan Rumah Sakit Konawe

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, KONAWE - Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo melakukan kunjungan ke Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Rumah Sakit (RS) Konawe di Kabupaten Konawe, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) pada Selasa, 14 Mei 2024. Dalam kunjungannya, Presiden mengecek infrastruktur dan layanan kesehatan yang disediakan oleh rumah sakit tersebut.

“Saya melihat ruangan-ruangannya bagus, lanskap taman juga bagus, sinar matahari bisa masuk ke ruangan-ruangan juga bagus,” ujar Presiden dalam keterangannya usai peninjauan.

Presiden juga mengungkapkan apresiasinya terhadap cara pendanaan RS Konawe, yang dibangun melalui pinjaman dari PT. Sarana Multi Infrastruktur (SMI). Pinjaman yang akan segera lunas pada tahun ini tersebut menunjukkan keberanian kepala daerah dalam mencari alternatif pembiayaan.

“Keberanian seperti ini yang saya harus apresiasi karena itu mengangkut keberanian kepala daerah untuk membangun daerahnya. Karena fiskalnya enggak cukup, dia meminjam tetapi disiplin anggarannya setiap tahun bisa tercapai, itu yang bagus,” tambahnya.

Menurut Presiden, RS Konawe dijadwalkan untuk menerima beberapa peralatan medis canggih seperti mammogram, CT scan, dan cath lab dalam waktu dekat. Kunjungan Presiden ini juga dimaksudkan untuk memastikan kesiapan fasilitas dan sumber daya manusia dalam menggunakan peralatan canggih tersebut.

“Saya ingin melihat, Pak Menteri juga ingin melihat kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM)-nya, spesialisnya, ruangannya. Saya tadi, Pak Dirut RS, Pak Bupati menyampaikan, Pak Gubernur, akan menyiapkan. Tugas pemerintah pusat mengirimkan alat-alat tadi untuk memperbaiki layanan di bidang kesehatan,” jelasnya.

  • Bagikan