Darul Fikri Luncurkan Sekolah Berbasis Riset, Disdik Makassar: Bisa Jadi Percontohan

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Makassar, Aminuddin Tarawe mengapresiasi Sekolah Darul Fikri Makassar yang meluncurkan sekolah berbasis riset.

Menurut Aminuddin, terobosan yang diciptakan Darul Fikri bisa menjadi contoh bagi sekolah lain. Apalagi riset sangat erat kaitannya dengan pendidikan.

"Membuat kurikulum merdeka, ini bisa menjadi contoh bagi sekolah lain. Amati tiru dan modifikasi,"katanya kepada wartawan.

Menurutnya, ini adalah terobosan baru bagi dunia pendidikan khususnya di Makassar. Sehingga kedepannya lulusan bisa mengembangkan ilmu menjadi seorang periset.

"Terobosan baru dunia pendidikan, luar biasa terutama mulai tk, sd, SMP, SMA banyak hal dibuat, ini dasar menjadi seorang periset,"ucapnya.

Seharusnya kata Aminuddin hal seperti ini diperbanyak di sekolah-sekolah. "Pendidikan harus dilakukan melalui riset, teori sudah kuno, perlu dikembangkan terus,"pungkasnya.

Sementara itu, Ketua UKM Keilmuan dan Penalaran Ilmiah Universitas Hasanuddin Muhajlir juga mengapresiasi langkah yang diambil Sekolah Darul Fikri Makassar.

"Saya pikir jarang sekali sekolah berbasi riset itu sangat bagus setelah produk cukup bagus, ada beberapa sesuai prosedur ilmiah produk yang dihasilkan layak untuk dipamerkan,"bebernya.

Dia berharap sekolah Darul Fikri ini bisa mengembangkan riset di ilmu sosial. Sebab sejauh ini riset di sekolah kebanyakan berlatar ilmu pengetahuan alam.

"Masukan saya tadi yang banyak riset IPA, masih kurang ilmu sosial, misalnya pengaruh pembelajaran tertentu terhadap motivasi sisa dalam belajar,"pungkasnya.

  • Bagikan