Gunakan REC PLN, Pelanggan Smelter di Sulawesi Tenggara Siap Hasilkan Produk dari Energi Hijau

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- PT PLN (Persero) hadir dalam mendukung daya saing industri dengan pemanfaatan pasokan energi bersih. PLN menyuplai kebutuhan energi hijau pabrik pemurnian atau smelter PT Ceria Metalindo Prima melalui Renewable Energy Certificate (REC) sebesar 7.384 GWh hingga tahun 2030.

Kerja sama tersebut ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Jual Beli REC di Kantor Pusat PT PLN (Persero), Senin (20/05). Tidak hanya itu, PT PLN (Persero) juga menunjukan komitmennya dalam mendukung hilirisasi mineral dengan penandatanganan amandemen Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik (PJBTL) dengan total daya 514 Mega Volt Ampere (MVA) bersama PT Ceria Metalindo Prima dan PT Stargate Mineral Asia.

Dalam sambutannya, Direktur Retail dan Niaga, Edy Srimulyanti menjelaskan REC merupakan jawaban atas kebutuhan sektor industri dan bisnis dalam mendukung langkah dekarbonisasi. Hal ini selaras dengan upaya Pemerintah dalam mencapai target Net Zero Emissions (NZE) pada tahun 2060 atau lebih cepat.

"REC merupakan bentuk layanan PLN untuk memudahkan pelanggan mendapatkan pengakuan internasional atas penggunaan Energi Baru Terbarukan (EBT) yang transparan, akuntabel, dan diakui secara global. Setiap sertifikat REC membuktikan bahwa listrik per megawatt hour (MWh) yang digunakan pelanggan berasal dari pembangkit EBT atau nonfosil," ujar Edy.

Selain itu Edy juga menegaskan tugas PLN adalah memastikan pasokan listrik ke seluruh pelosok, mendorong laju pertumbuhan perekonomian hingga menciptakan multiplier effect melalui kesiapan pasokan listrik untuk industri dan bisnis khususnya di tanah air.

  • Bagikan

Exit mobile version