Makassar International Writers Festival Kembali Dihelat, Konsisten sebagai Kegiatan Nirsampah

  • Bagikan
Jumpa pers MIWF 2024 (Foto: Arya/Fajar)

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR — Makassar International Writers Festival (MIWF) kembali dihelat. MIWF 2024 berlangsung di Benteng Rotterdam mulai tanggal 23 hingga 26 Mei 2024.

Sama seperti tahun sebelumnya, penerima penghargaan International Excellence Award dari London Book Fair sebagai festival sastra terbaik tahun 2020 ini dijalankan sebagai kegiatan nir sampah.

Direktur MIWF, Aan Mansyur mengatakan, sebagai festival penulis internasional pertama dan satu-satunya di Indonesia Timur, MIWF berkomitmen pada prinsip-prinsip kemandirian, hak asasi manusia, anti-korupsi, inklusivitas, dan keberlanjutan.

"MIWF adalah festival penulis internasional pertama dan satu-satunya di Indonesia Timur, yang dikerjakan secara independen, menjunjung HAM, bersifat anti-korupsi, inklusif, dijalankan kegiatan nir-sampah (zero waste) sejak 2019 dan mendeklarasikan diri sebagai festival yang menentang all-male panel sejak Maret 2020," kata Aan saat jumpa pers di MaxOne Hotel, Makassar, Rabu (22/5/2024).

Ia mengatakan, MIWF tumbuh menjadi platform penting bagi penulis, aktivis literasi, pelaku industri buku, pemikir, penggerak sosial, komunitas interdisipliner, akademisi, dan pelaku kebudayaan untuk bertukar pikiran dan pengalaman.

Tahun ini, MIWF hadir mengusung tema mothering, yang menyoroti pentingnya peran merawat dan mengasuh dalam menghadapi tantangan kehidupan kontemporer.

Dengan tema tersebut, MIWF 2024 berkomitmen menjadi wadah diskusi yang aman dan inklusif. Memfasilitasi dialog tentang praktik perawatan yang berdampak pada kelompok marginal.

  • Bagikan

Exit mobile version