Jelang Musim Tanam Kedua, Pupuk Kaltim Siapkan 365.364 Ton Pupuk Subsidi 

  • Bagikan

Masing-masing angka distribusi ini telah mencapai realisasi sebesar 86 persen, 83 persen dan 50 persen dari keseluruhan target penyaluran pupuk subsidi dari pemerintah untuk Pupuk Kaltim di 2024.

Direktur Utama Pupuk Kaltim Budi Wahju Soesilo menyebutkan memasuki masa musim tanam kedua ini, Pupuk Kaltim akan terus berupaya untuk menjalankan komitmen dalam memastikan kualitas pupuk terbaik dan pasokan pupuk yang mencukupi bagi para petani Indonesia, terutama wilayah-wilayah yang menjadi tanggung jawab Pupuk Kaltim. 

“Tidak hanya memastikan ketersediaan stok, kami juga berkomitmen mengawal distribusi pasokan pupuk subsidi lewat inovasi dan teknologi. Salah satunya lewat Distribution Planning & Control System (DPCS), terutama untuk pupuk subsidi, di mana kami dapat melakukan pengawasan distribusi secara real-time, dilengkapi dengan early warning system untuk memberikan peringatan jika stok menipis pada tingkat daerah,” katanya. 

Komitmen Pupuk Kaltim untuk mengoptimalisasi distribusi pupuk subsidi dilakukan dengan berbagai cara, seperti aktif berkolaborasi dan berkoordinasi dengan berbagai pemangku kebijakan, Kesatuan Pelaksanaan Pengamanan Pelabuhan (KP3), pihak kepolisian hingga pemerintah daerah setempat. 

Pupuk Kaltim juga melakukan audit secara berkala dalam upaya memastikan tidak ada indikasi penyimpangan dalam penyaluran pupuk bersubsidi bagi petani. 

Pupuk Kaltim juga memaksimalkan teknologi Retail Management System (RMS) pada tingkat kios atau pengecer untuk mengawasi stok dan transaksi pupuk, serta mengidentifikasi pihak yang melakukan penebusan pupuk di tingkat kios. Inovasi ini tujukan untuk memperkuat pengelolaan distribusi pupuk secara efisien dan transparan. 

  • Bagikan