Kanwil Kemenkumham Sulsel Galih Potensi Desain Industri dan Paten di Kabupaten Pangkajene dan Parepare

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan (Kanwil Kemenkumham Sulsel) telah melakukan Pemetaan Potensi Desain Industri dan Paten di Kabupaten Pangkep dan Parepare.

Hal ini dilakukan sebagai langkah awal persiapan kegiatan Paten One Stop Service yang akan diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) di bulan Juni mendatang serta kegiatan Paten Drafting, Penelusuran serta Pemanfaatan Informasi Paten pada Agustus mendatang.

Tim Koordinasi dan pemetaan yang diketuai oleh Kepala Bidang Pelayanan Hukum, Mohammad Yani mengunjungi dua perguruan tinggi yakni Politeknik Pertanian Negeri di Kabupaten Pangkep dan Institut Teknologi B.J Habibie, Kota Parepare.

"Kedua perguruan tinggi ini dipilih karena merupakan lembaga pendidikan yang berfokus pada teknologi dimana sangat berkaitan erat dengan lingkup Paten," Ungkap Mohammad Yani dalam keterangannya di Kanwil Sulsel, Senin (27/5).

Tim pemetaan diterima oleh Asisten Direktur I Politani Negeri Pangkep, Adam Rahman dan menyambut dengan sangat antusias kegiatan terkait Paten khususnya Paten Drafting karena diakui bahwa kegiatan tersebut sangat membantu para dosen dalam menyusun klaim Paten yang seringkali terkendala jarak dan komunikasi dengan pemeriksa Paten.

Kemudian, di Institut Teknologi B.J Habibie, Tim ini diterima Wakil Rektor Non Akademik Mohammad Mochsen. Ia mengatakan bahwa para civitas akademika di kampus ini memang sangat memerlukan sosialisasi terkait Paten mengingat usia kampus yang terhitung masih belia.

  • Bagikan