Area Lari Makassar Half Maraton Dibatasi, Fotografer Tidak Resmi Dilarang Ambil Gambar

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR — Makassar Half Maraton (MHM) melarang fotografer tidak resmi mengambil gambar selama kegiatan berlangsung. Hal itu menuai sorotan.

Informasi pelarangan itu diunggah melalui Instagram @makassarhalfmarathon pada Sabtu 1 Juni 2024. Di unggahan itu, diperingatkan lomba lari yang digelar 2 Juni besok itu area larinya terbatas.

“Para pihak yang tidak berkepentingan dilarang mengambil manfaat pada area ini, termasuk juga pengambilan foto dan video. Panitia berhak menghalau menindak mereka yang tidak berkepentingan di area tersebut,” penggalan unggahan tersebut.

Selain itu, unggahan itu juga mengutip sejumlah peraturan perundang-undangan, mulai Undang-Undang (UU) Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta sampai UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

“ATTENTION‼️Harap perhatikan dan patuhi aturan area lomba untuk kelancaran event Makassar Half Marathon 2024 besok. Pastikan untuk unofficial photographer tidak berada di sekitar venue dan mengambil keuntungan sepihak,” tulis peringatan tersebut.

Di kolom komentar, sejumlah warganet mengeluhkan kebijakan tersebut. Ada yang membandingkannya dengan event serupa di kota lain.

“Kakunya deh. Maluki iyek sama Borobudur Marathon, Maybank Marathon, Bandung Marathon, Jakata Marathon. Nda pernahji ada larang-larang posting begini,” kata pengguna Instagram @diwanboxy, yang merupakan seorang fotografer.

“Help pelaku ekonomi kreatif,” ujar pengguna Instagram @masyudifirmansyah yang juga fotografer.

Sementara itu, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Makassar, Andi Tenri Lengka mengatakan pihaknya akan segera menindak lanjuti aspirasi tersebut.

  • Bagikan

Exit mobile version