Dandim 1424 Sinjai Jadi Irup, Sekda Baca UUD 1945 di Upacara Hari Lahir Pancasila

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, SINJAI -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai menggelar upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Lahir (Harlah) Pancasila, 1 Juni 2024, bertempat di Halaman Kantor Bupati Sinjai, Tanassang, Kelurahan Alehanuae, Kecamatan Sinjai Utara.

Bertindak sebagai inspektur upacara (Irup) Komandan Kodim (Dandim) 1424 Sinjai, Letkol Arm Dian Akhmad Arifandi. Sementara Sekda Sinjai, Andi Jefrianto Asapa bertindak membacakan UUD 1945.

Harlah Pancasila tahun ini bertajuk "Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045".

Tampak para perwakilan Forkopimda yang hadir dan seluruh pejabat daerah dan para Aparatur Sipil Negara (ASN) Lingkup Pemkab Sinjai menggunakan pakaian adat. Upacara ini juga diikuti dari unsur TNI/Polri.

Pidato seragam Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila RI yang dibacakan oleh Dandim 1424 Sinjai, Letkol Arm Dian Akhmad Arifandi mengatakan bahwa tema Harlah Pancasila tahun ini mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat.

"Patut kita syukuri sebagai sebuah bangsa yang majemuk, Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya menjadi bintang yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara", Jelasnya.

Bahkan Keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia.

"Dalam momentum yang sangat bersejarah ini, saya mengajak komponen bangsa di mana pun berada untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara", Sambung Dandim 1424 Sinjai.

  • Bagikan

Exit mobile version