Hari TBC Sedunia, Ketua TP PKK, drg Ulfah: Kita Komitmen Turunkan Kasus TBC di Barru

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, BARRU--Peringatan Hari TBC Sedunia, Dokter Ulfah ajak Semua Stakeholder Ikut Serta Menurunkan Kasus TBC

Plt.Ketua TP PKK Kabupaten Barru drg. Hj.Ulfah Nurul Huda S, MARS yang juga Direktur RSUD La Patarai Kabupaten Barru buka secara resmi Talkshow dan Pemberian Nutrisi Tambahan dalam rangka Peringatan Hari Tuberkulosis Sedunia yang dilaksanakan di Bola Pitue Padongko, Kecamatan Barru Kabupaten Barru, Rabu (5/6/2024)

Dalam sambutanya, Dokter Ulfah menyebutkan, bahwa penyakit Tuberkulosis (TBC/TB) di Indonesia masih menjadi salah satu perhatian pemerintah pusat, karena berdasarkan data pada tahun 2023 Indonesia berada diperingkat kedua setelah India.

Dokter Ulfah menambahkan, yang paling rentan untuk penyakit ini adalah laki-laki dan pekerja faktornya rokok yang dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh sehingga dia berpesan untuk menghilangkan kebiasaan merokok.

" semoga pasien kita yang dalam pengobatan sudah meninggalkan kebiasaan merokok dan segera sembuh ", ujar dokter Ulfah.

Lanjut, mengingat tingginya kasus dan beban kematian terhadap TB / TBC Pemerintah berkomitmen untuk Tahun 2030 untuk bebas dari TBC, dokter Ulfah mengingatkan bahwa komitmen ini bukan hanya menjadi tugas Pemerintah.

" Komitmen ini melibatkan seluruh stakeholder, Dinas Kesehatan, Puskesmas, Tim TB , juga keikutsertaan bapak ibu menurunkan kasus TBC ini sangat penting ", ungkap Ulfah

Dirinya juga mengapresiasi kinerja Tim TB DOTS RSUD La Patarai Kab.Barru dimana selama dua tahun ini telah konsisten untuk menurunkan kasus TBC/TB di Kab.Barru dimana meskipun terjadi peningkatan temuan kasus TBC tapi Alhamdulillah jumlah pasien juga semakin banyak terobati.

  • Bagikan

Exit mobile version