Mentan dan Wakapolri Makin Lengket Urus Ternak

  • Bagikan
Mentan Amran didampingi Wakapolri, Komjen Pol. Agus Andrianto meninjau ketersediaan hewan kurban di Tangerang, Banten

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman memastikan ketersediaan hewan kurban khususnya sapi jelang perayaan Hari Raya Idul Adha 2024 aman dan jumlahnya sangat cukup.

Hal itu dikatakannya saat meninjau salah satu peternakan di Kabupaten Tangerang, Banten, Kamis (6/6/2024).

"Persiapan kurban Insya Allah aman, cukup sampai kita Idul Adha nanti, saya sudah terima laporannya, dan aman, jumlahnya sangat cukup," kata Mentan.

Berdasarkan data Direktortar Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Ditjen PKH), secara nasional, kebutuhan hewan kurban berada pada angka 1,97 juta ekor, dengan ketersediaannya yang mencapai 2,06 juta ekor, maka ketersediaan hewan kurban tahun ini berpotensi surplus hingga 88 ribu ekor.

Berdasarkan data tersebut, Mentan Amran memastikan jumlah ketersediaan hewan kurban baik sapi, kerbau, kambing maupun domba untuk memenuhi kebutuhan nasional sangat mencukupi bahkan surplus.

Mentan Amran yang didampingi Wakapolri, Komjen Pol. Agus Andrianto menegaskan pengelolaan hewan ternak harus dilihat secara kongkrit dan holistik.

Misalnya para pengusaha wajib memperhatikan ketersediaan pakan dan juga memperhatikan kesehatan hewan. Dua hal tersebut mesti dijalankan agar daging yang dihasilkan dalam kondisi sehat dan juga siap jual.

"Intinya bisnis itu pendekatannya harus holistik dari hulu sampai hilir. Karena kalau pakan tidak diperhatikan, kemudian marginaya tidak diperhatikan ini berbahaya. Justru sebaliknya kita harus membangun sumber pakan sendiri agar memiliki nilai ekonomi yang jauh lebih besar," katanya.

  • Bagikan