Penerimaan Siswa Baru di Makassar Buka Jalur Tahfiz, Hafal 5 Juz Bisa Pilih Sekolah

  • Bagikan
Kepala Dinas Pendidikan Makassar, Muhyiddn (Foto AryaFajar)

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR — Panitia Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Kota Makassar membuka jalur tahfiz. Tiap calon peserta didik baru yang mampu menghafal Alquran minimal 5 juz dibebaskan memilih sekolah dimana saja.

Itu berlaku untuk calon pesera didik baru di tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (Paud), Sekolah Dasar (SD), hingga Sekolah Menengah Pertama (SMP). Sesuai naungan Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Makassar.

“Jalur Tahfiz masih ada,” kata Kepala Dinas Pendidikan Makassar, Muhyiddin saat ditemui di kantornya di Jalan Anggrek, Makassar, Jumat 7 Juni 2024.

Jalur tersebut, kata dia sama dengan tahun sebelumnya. Masuk pada kategori prestasi non akademik yang memiliki kuota 5 persen.

“Tahfiz tetap ya, jadi salah satu juga di sini, ya. Kami juga pertama adalah tapi tahfiz AlQuran itu tetap masuk dalam jalur prestasi. Ya, non-akademik,” jelasnya.

Muhyiddin mengaku pihaknya juga telah melakukan koordinasi dengan kepala sekolah. Agar calon peserta didik baru yang mampu menghafal bisa diakomodasi.

“Jadi itu kami minta jangan ditolak, dan ini kita mau ada bahwa sekolah itu salah satu proses pembelajaran ada tahfis di dalamnya,” terangnya.

Sebagai bentuk penguatan keimanan, Muhyiddin mengatakan sebenarnya jalur prestasi non akademik seperti tahfiz juga bakal dibuka tidak terbatas untuk Islam. Namun sampai saat ini masih sampai tahap pengusulan.

“Sampai hari ini kami mau minta juga, apa sih yang perlu kami hargai terhadap pemuatan keimanan umat, peningkatan keimanan anak-anak kita,” ucapnya. (Arya/Fajar)

  • Bagikan

Exit mobile version