Pemkot Parepare Gelar Pemeriksaan Hewan Kurban Menjelang Iduladha

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, PAREPARE – Menjelang Hari Raya Iduladha, Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare melalui Dinas Pertanian, Kelautan, dan Perikanan (PKP) melaksanakan pemeriksaan hewan kurban.

Pemeriksaan hewan kurban itu, berlangsung di Jalan Lingkar Lapadde, Perumahan Ashabul Kahfi, Kelurahan Galung Maloang, Kecamatan Bacukiki, Kota Parepare, Jumat, 7 Juni 2024.

Kepala Dinas PKP Kota Parepare, Wildana mengatakan bahwa kegiatan ini rutin diadakan setiap tahunnya. Selain itu kata dia, pemeriksaan hewan kurban ini dimulai sejak Rabu, 8 Mei, hingga Kamis, 20 Juni 2024.

“Petugas kami akan bertugas sampai hari tasyrik. Kami dari Dinas PKP juga mengawasi sebelum dan sesudah penyembelihan hewan kurban,” katanya usai melakukan penyemprotan disinfektan kepada sapi kurban.

Dia mengungkapkan, kegiatan ini meliputi pendataan hewan kurban, pemeriksaan kesehatan hewan, pemberian vitamin, obat-obatan, dan penyemprotan disinfektan.

Selama pemeriksaan hewan kurban, kata dia semuanya aman dan layak dikonsumsi. “Alhamdulillah, perhari ini pemeriksaan hewan kurban semuanya layak,” ungkapnya.

Wildana juga menjelaskan, terkait stok hewan kurban yang saat ini terdapat sekitar 1.215 ekor sapi dan 387 ekor kambing. Ia memperkirakan jumlah ini akan terus bertambah hingga hari tasyrik.

Hal itu, kata dia jika berdasarkan data tahun lalu, terdapat sekitar 800 ekor sapi dan 200 ekor kambing yang disembelih. “Kami optimistis bahwa stok hewan kurban, baik sapi maupun kambing, cukup untuk di Kota Parepare,” jelasnya.

Dia juga mengimbau masyarakat yang ingin berkurban untuk memeriksa Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) di peternak.

  • Bagikan