Dekranasda Ikut Sukseskan Festival Sulsel Menari, Dorong Kreativitas Desainer Lokal Melalui Fashion Show

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Sulsel turut serta dalam rangkaian Festival Sulsel Menari. Kegiatan yang digelar oleh Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Sulsel ini berlangsung selama satu minggu, mulai tanggal 8 - 15 Juni 2024, di Lego-lego, Kawasan Center Point of Indonesia (CPI) Makassar.

Dengan mengangkat tema South Sulawesi in Harmony, Sulsel Menari secara resmi dibuka oleh Penjabat Gubernur Prof Zudan Arif Fakrulloh, Sabtu malam, 8 Juni 2024.

Dekranasda Sulsel turut ikut berkontribusi dalam rangkaian Fashion Show yang akan diikuti oleh masing-masing perwakilan dari 24 Kabupaten/Kota di Sulsel. Bahkan diikuti oleh para Bupati dan Walikota beserta pasangannya.

Ketua Panitia Fashion Show dalam Sulsel Menari, Mimi Nasution, mengatakan, persiapan sudah 80 persen, nantinya akan dilaksanakan pada tanggal 14 dan 15 Juni 2024.

Dalam fashion show ini ada dua kategori. Ada yang diperlombakan, dimana setiap Kabupaten/Kota mengirimkan perwakilannya. Dan fashion show VIP yang diikuti oleh para pejabat yaitu Gubernur beserta Ibu, Forkopimda, Instansi Vertikal, BUMN, BUMD, Perbankan serta Bupati dan Ketua Dekranasda Kabupaten/Kota se Sulsel. Fashion show VIP ini tidak diperlombakan.

"Fashion show yang dilombakan ini, Kabupaten/Kota mengirimkan perwakilan mereka untuk fashion show, dengan mengangkat wastra (kain tradisional) dari daerah masing-masing," jelasnya.

Mimi menjelaskan, wastra yang akan dikenakan itu dibuat oleh desainer lokal dari daerah tersebut, yang dimentori oleh asosiasi Desainer Olah Tenun (DOT).

  • Bagikan