Lepas 393 Wisudawan, Rektor UIM Al Gazali: Jadilah Sarjana Berharakat

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- 393 Mahasiswa Sarjana, Pascasarjana, dan Profesi Universitas Islam Makassar (UIM) Al Gazali resmi bergelar sarjana di Dalton Hotel, Jalan Perintis Kemerdekaan, Kecamatan Biringkanaya, Makassar, Rabu (12/6/2024).

393 mahasiswa yang diwisuda tersebut masing-masing dari sembilan fakultas. Di antaranya, Pascasarjana, Fakultas MIPA, Teknik, Agama, Pertanian, Sospol, Hukum, Ilmu FKIPS, dan Ilmu Kesehatan.

Rektor Universitas Islam Makassar (UIM) Al Gazali, Prof. Muammar Bakry mengatakan, wisuda 2024 ini terasa spesial karena dirangkaikan dengan Milad ke-58.

"Alhamdulillah, tahun ini bertepatan dengan Milad yang ke-58. UIM Al Gazali didirikan sejak 1966," ujar Prof. Muammar di hadapan mahasiswanya.

Diceritakan Prof. Muammar, awalnya UIM Al Gazali bernama STIP dan STAI. Lalu kemudian berubah pada Juni 2000 menjadi UIM.

"Disepakati UIM berdiri pada 6 Juni 1966. Semuanya angka enam. Maka yang diwisuda hari ini, bertepatan dengan umur UIM dengan dobel enam, bahkan 3 kali enam. Enam itu menunjukkan kesempurnaan," Prof. Muammar menuturkan.

Dijelaskan orang nomor satu di UIM ini, Allah menciptakan seluruh makhluknya hanya dengan menggunakan enam hari.

"Dan, hari keenamnya Allah ciptakan manusia-manusia, makhluk yang menunjukkan basic kekhalifahan di muka bumi ini," ucapnya.

Ia pun memberikan analogi lain, bahwa kesempurnaan itu juga terdapat pada rukun Iman yang berjumlah enam poin.

"Rukun iman itu ada enam, dan banyak lagi angka-angka enam yang menunjukkan kesempurnaan," sebutnya.

  • Bagikan

Exit mobile version