Pj Wali Kota Parepare Apresiasi 1.155 Pelajar yang Tampilkan Tarian Padduppa Di Festival Sulsel Menari

  • Bagikan

SUARATA, PAREPARE — Sebanyak 1.155 Pelajar di Kota Parepare menampilkan tarian Padduppa di alun-alun kota Lapangan Andi Makkasau, rabu (12/06/24).

Penampilan tarian Padduppa tersebut dalam rangka partisipasi Pemerintah Kota Parepare melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan pada kegiatan Sulsel Menari 2024 South Sulawesi in Harmony.

Tari Paduppa merupakan salah satu kearifan lokal Bugis-Makassar yang identik dengan penyambutan tamu. Dibawakan dengan gerakan yang khas oleh para perempuan dengan gerakan menabur beras.

Tari Paduppa juga diiringi dengan musik yang khas Sulawesi Selatan seperti gendang Makassar, suling, kecapi, dan pui-pui. Para penari mengenakan busana adat bodo dengan hiasan lengkap seperti gelang, bando, anting, dan kalung rantai motif bunga.

Pj Wali Kota Parepare, Akbar Ali mengatakan Tari Paduppa diciptakan oleh seniman bernama Andi Siti Nurhani Sapada pada tahun 1961.

“Tarian ini akan terus kita lestarikan di setiap kegiatan-kegiatan organisasi kebudayaan/kepariwisataan maupun pemerintahan. Saya sangat terharu dan bangga dengan diangkatnya kembali tarian kolosal yang ada di Sulsel sebagai upaya pelestarian budaya lokal,” ungkapnya.

Sulsel Menari 2024 South Sulawesi in Harmony juga merupakan rangkaian pemecahan rekor muri penari tari Paduppa terbanyak yang melibatkan pelajar SMP dan SMA/SMK.

“Untuk memecahkan rekor muri ini, Pemerintah Sulsel melibatkan 24.900 penari di Sulsel, yang digelar secara serentak di seluruh kabupaten/kota,” tandasnya.(*)

  • Bagikan