Bupati Barru Terima Kunjungan Deputy Asisten Administrator USAID

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, BARRU-Bupati Barru Ir. H. Suardi Saleh, M. Si menerima kunjungan Deputy Assistant Administrator (DAA) Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID) untuk Biro Demokrasi, Hak Asasi Manusia (HAM), dan Pemerintahan, Dr. Lesley Anne Warner, di ruang Rapat Lantai 5 Menara MPP Kantor Bupati Barru, pada Kamis (13/06/2024).

Kedatangan DAA USAID, bersama perwakilan USAID dari Washington D.C. dan Jakarta ini dilakukan untuk mendiskusikan implementasi program-program USAID di Kabupaten Barru, untuk meningkatkan dan memperluas jangkauan layanan publik, sekaligus berbagi pengalaman dalam mendukung program pembangunan di Barru dengan kota/kabupaten lainnya di Sulawesi Selatan.

Bupati Barru Suardi Saleh mengatakan,
USAID secara konsisten menjadi mitra pembangunan di Barru sejak tahun 2011. Beberapa program USAID yang dilaksanakan di Barru meliputi USAID MADANI yang fokus pada penguatan masyarakat sipil dan baru saja berakhir pada 2023, USAID KINERJA yang mendukung peningkatan pelayanan publik di sektor pendidikan dan iklim usaha pada 2011-2015, dan IUWASH PLUS dan TANGGUH yang fokus meningkatkan akses air minum dan sanitasi sejak 2017.

Program lainnya, Tata Kelola Pemerintahan yang Efektif, Efisien dan Kuat (ERAT) telah mendukung pemerintah daerah Barru untuk mencapai tujuan dan prioritas pembangunannya sejak tahun 2022.

Dikatakan, beberapa inisiatif utama termasuk pengentasan kemiskinan ekstrem, pengurangan stunting, peningkatan akses pada informasi publik dan mekanisme penanganan pengaduan, pencegahan perkawinan anak, merumuskan transfer keuangan berbasis kinerja ke desa, termasuk mendukung Barru dalam mencapai cakupan kesehatan semesta (Universal Health Coverage, UHC)

  • Bagikan