Lomba Desa, Ketua TP PKK, drg Ulfah: Diharapkan Terus Bertumbuh Inovasi dari Desa

  • Bagikan

FAJAR.CO.iD, BARRU-- Pemerintah Kabupaten Barru melaluiDinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak beserta Tim Penggerak PKK Kabupaten Barru kembali menggelar Penilaian Lomba Desa/Kelurahan Tingkat Kabupaten Barru Tahun 2024.

Setelah sebelumnya di Kec.Soppeng Riaja dan Kec. Tanete Riaja, hari ini Tim Penilai melaksanakan kegiatan di kecamatan Pujananting yakni kelurahan mattapawalie dan Desa Bacu bacu, Rabu (19/06/2024).

Yang menjadi kesan bagi para team penilai adalah Desa Bacu bacu yang merupakan salah satu wilayah terpencil di Kab. Barru dan harus menempuh jalan pendakian dan berbelok dengan panorama pegunungan yang sangat indah. Namun semua itu terbayarkan ketika tiba diperkampungan dan di sambut warga yang ramah dan udara yang sejuk. Wilayah ini berada pada ketinggian wilayah 1240 m diatas permukaan laut.
 
Plt. Ketua TP. PKK Kab. Barru drg. Hj. Ulfah Nurul Huda dalam sambutannya mengatakan bahwa Lomba Desa dan Kelurahan merupakan Program Nasional yang dilaksanakan berdasarkan Permendagri Nomor 81 Tahun 2015, tentang Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan.

Dikatakan, kegiatan lomba ini sebagai bahan evaluasi untuk mengetahui status tingkat perkembangan desa dan kelurahan, efektivitas dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat serta untuk mengetahui tingkat kesejahteraan masyarakat, daya saing desa dan kelurahan yang sesuai dengan nilai-nilai pancasila.
 
Dokter Ulfah menambahkan, lomba ini juga bertujuan untuk memetakan dan memperoleh desa dan Kelurahan dengan kinerja terbaik di bidang pemerintahan, kewilayahan dan kemasyarakatan untuk selanjutnya dijadikan lokasi percontohan dalam salah satu upaya mewujudkan pemerataan pembangunan, sekaligus untuk meningkatkan motivasi dalam pengembangan dan penerapan inovasi dalam penyelenggaraan Pemerintahan Desa dan Kelurahan.

  • Bagikan

Exit mobile version