Buka Sosialisasi Cagar Budaya, Pj Bupati Takalar Lestarikan Budaya dan Tanamkan Profil Pelajar Pancasila pada Generasi Bangsa

  • Bagikan

"Di Takalar kita memiliki banyak cagar budaya yang harus ditumbuhkembangkan bukan hanya dijaga dan dilestarikan. Untuk itu, mari kita tanamkan dalam diri kita serta generasi kita untuk menumbuhkembangkan cagar budaya yang ada di daerah kita sebagai warisan bagi generasi mendatang," tutup Dr. Setiawan.

Sementara itu, Sub Bagian Umum Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah XIX Makassar Anriany, SS., M.Si pada kesempatan yang sama menyampaikan bahwa kegiatan cagar budaya dilaksanakan di Takalar karena berdasarkan sejarah Takalar memiliki peran penting dalam sejarah dan budaya.

"Berdasarkan sejarah, Takalar bukan sejarah biasa-biasa saja, banyak kisah dan budaya yang dimiliki. Salah satunya adalah tidak mungkin di Takalar ada benteng besar yang mendukung Benteng Somba Opu sebagai Kerajaan Gowa, kalau tidak peran yang penting dimasa lalu, tidak mungkin di Takalar ada Situs Ibunda Sultan Hasanuddin, kalau Takalar waktu itu tidak menjadi bagian penting dari Kerajaan Gowa, dan tidak mungkin ada Situs Tungku Pembakaran Teripang kalau Takalar tidak punya perang penting dalam perdagangan internasional pada masa lalu," jelasnya.

Dalam sosialisasi tersebut hadir sebagai narasumber Prof. DR. Aminuddin Salleh, SH. MH Guru Besar Hukum Adat Unhas Makassar juga dihadiri para peserta yang terdiri dari guru SMA/SMK se-Kab. Takalar serta tim dari Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah XIX Makassar. (fajar)

  • Bagikan