Pendaftaran PPDB SD-SMP Jalur Zonasi di Makassar Dibuka hingga 29 Juni, Disdik Sampaikan Ini

  • Bagikan
Ilustrasi. (int)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SD-SMP se-Makassar untuk jalur zonasi mulai dibuka hari ini, Senin, (24/6/2024). Pendaftar jalur zonasi ini akan berlangsung hingga 29 Juni mendatang.

Kepala Dinas Pendidikan Makassar, Muhyiddin Mustaqim menyatakan, sejauh ini pelaksanaan PPDB berjalan dengan baik. “Sudah berjalan jalur zonasi. Sampai hari ini belum ada kendala. Alhamdulillah berjalan dengan baik. Terbuka tadi mulai jam 8,” kata Muhyiddin, kepada wartawan.

Bahkan Dinas Pendidikan Makassar siap memfasilitasi calon peserta didik yang terkendala saat ingin mendaftar. “Kalau ada masyarakat yang tidak punya sama sekali fasilitas, itu kita siap untuk di sekolah. Ada relawan pendidikan, siap di kantor untuk itu. Ada posko di aula. Termasuk juga di sekolah. Jadi tidak ada lagi kendala soal fasilitas,” tuturnya.

Menurutnya, kunci kesuksesan PPDB itu bagaimana validasi datanya. Memang di tahun sebelumnya itu perencanaan data jadi masalah. “Jadi memang jauh-jauh sebelumnya. Kita validasi data terhadap dapodik. Kalau di zonasi, langsung dia terdekat dari zonanya,” ungkapnya.

Disdik membuat sistem dengan akses terdekat minimal 1,5 kilometer antara rumah calon peserta didik dengan sekolah. “Jadi pada saat masuk data langsung terproses, langsung tersajikan sekolah terdekat. Akses 10 kilo boleh, tapi pada saat terdaftar akan terbaca. Nda bisa dimainkan bahwa saya mau pilih ke sini,” pungkasnya. (selfi/fajar)

  • Bagikan

Exit mobile version