ASMO Sulsel Ungkap Empat Faktor Kecelakaan

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR-- Angka kecelakaan lalu lintas yang melibatkan kendaraan roda dua di Kota Makassar terus meningkat. Data terbaru menunjukkan bahwa 74 persen dari kecelakaan lalu lintas terjadi pada pengendara sepeda motor, dengan mayoritas korban berusia antara 15 hingga 39 tahun.

Hal ini diungkapkan oleh Instruktur Safety Riding ASMO Sulsel, Wanny Dewa saat menjadi narasumber di acara sosialisasi keselamatan berkendara yang digelar E-Pro di Mal Phinisi Point, Makassar.

Wanny mengungkapkan beberapa faktor utama yang menyebabkan tingginya angka kecelakaan ini. “Banyak pengendara yang ceroboh saat berkendara, seperti tidak memperhatikan lalu lintas dari depan, tidak menjaga jarak aman, ceroboh saat berbelok, melampaui batas kecepatan dalam kota yang seharusnya maksimal 60 km/jam, serta ceroboh saat mendahului,” jelasnya.

Menurut Wanny, ada beberapa alasan yang menyebabkan kecelakaan tersebut, antara lain:

  1. Faktor Lingkungan: Kondisi lingkungan yang tidak kondusif seringkali berkontribusi pada terjadinya kecelakaan.
  2. Kondisi Jalan: Jalan yang berlubang, licin, atau tidak rata juga menjadi penyebab utama kecelakaan.
  3. Faktor Kendaraan: Kendaraan yang tidak terawat atau tidak layak jalan meningkatkan risiko kecelakaan.
  4. Human Error: Kesalahan pengendara, seperti kurangnya konsentrasi dan pengetahuan tentang keselamatan berkendara, menjadi penyebab terbesar.

“Yang sering kita temui adalah pengendara tidak menjaga jarak aman. Pada kecepatan 40 km/jam saja, jarak aman adalah 11,5 meter atau sekitar 1 detik waktu reaksi,” kata Wanny.

Ia juga menambahkan pendidikan dan sosialisasi tentang keselamatan berkendara sangat penting untuk mengurangi angka kecelakaan ini. “Kita perlu terus mengedukasi masyarakat, terutama anak muda, agar lebih peduli terhadap keselamatan diri sendiri dan orang lain saat berkendara. Membuat konten positif tentang keselamatan berkendara juga bisa jadi langkah yang efektif,” pungkasnya.

Senada dengan itu, Founder E-Pto Seto Suprapdi mengatakan edukasi yang dibagikan tentang Safety Riding memang harus terus digaungkan agar setiap pengguna kendaraan sadar bagaimana berkendara aman.

  • Bagikan

Exit mobile version