Job Fair Mulai Dibuka di Maros, Ada 633 Lowongan Disiapkan

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAROS -- Even job fair atau bursa kerja kembali digelar Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu, dan Ketenagakerjaan (DPMPTSP-Tk) Kamis, 27 Juni di Gedung Mall Pelayanan Publik (MPP).

Acara pembukaan hanya dihadiri puluhan pencari kerja, selebihnya pejabat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan perusahaan yang menawarkan lowongan pekerjaan.

Kepala Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Ketenagakerjaan, Nuryadi mengatakan kalau panitia telah mengatur jadwal pembukaan acara dengan kedatangan peserta pencari kerja.

"Karena kalau tahun lalu itu bersamaan dengan acara pembukaan dengan peserta, dan sangat padat. Makanya kali ini diumumkan agar peserta datang di atas jam 10.00 Wita," ungkapnya.

Lebih lanjut kata dia, job fair ini gelar dua hari dan ada 633 lowongan pekerjaan yang disediakan 26 perusahaan.

"Dari 633 lowongan pekerjaan yang terbuka, satu persen dikhususkan untuk disabilitas," katanya.

Namun kata dia, ini hanya berlaku bagi perusahaan yang telah menyerap 100 orang pekerja

"Jika perusahaan sudah berkaryawan 1.000 orang berarti harus merekrut 10 orang disabilitas, kalau 100 yah satu orang," jelasnya.

Akan tetapi saat ini masih banyak perusahaan yang belum memahami aturan tersebut.

"Tahun ini Dinas keternagakerjaan telah berdiri sendiri maka akan ada bidang yang mengevaluasi perusahaan yang tidak menaati aturan," katanya.

Jika perusahaan tidak menaati aturan tersebut makan izin operasional perusahaan tersebut akan ditarik.

Sementara itu Sekda Maros, Andi Davied Syamsuddin mengatakan job fair ini bertujuan untuk mempercepat penyerapan tenaga kerja.

  • Bagikan

Exit mobile version