Silaturahmi KB La Page Arung Mampu Arung Sijelling Arung Maloloe, Anak Cucunya: Andi Baso Bone, Andi Damis, Andi Amran, Andi Fashar dan Andi Promal

  • Bagikan
Bau Zaldi Mappanyukki (ist)

Selanjutnya, La Mappebaso Dg Ma'jangka - La Mappellawa Dg Matteru - Andi Ahmad Dahlan Petta Tale dan Andi Sulaiman Petta Linta.

"Andi Sulaiman Petta Linta inilah bapak dari Andi Amran Sulaiman. Jadi, sangat jelas sekali garis nazabnya. Yang pertanyakan tentang silsilah Andi Amran belum muncul silsilanya sampai saat pertemuan.Bagi siapa saja yang mempertanyakan silsilah Andi Amran, silahkan membawa data yang dimilikinya," tutup Andi Romi.

Sementara itu, salah seorang keluarga dekat Andi Amran Sulaiman yakni Andi Maskul, mantan Kadis PMD era Bupati Bone, Andi Idris Galigo, mengetahui kebenaran cerita soal kakeknya La Mappebaso Dg Ma'jangka yang ketika itu, melamar putri Raja Bantaeng, namun belum diterima karena tidak diketahui asal usulnya.

Sehingga, kembalilah dia ke Bone bertemu keluarga besar raja Bone dan menceritakan apa yang dialaminya. Maka, diberilah Songkok Pulaweng, Keris dan Stamboon, untuk di bawa kembali ke Bantaeng sebagai bukti siapa sebenarnya La Mappebaso Dg Ma'jangka ini oleh pejabat kerajaan saat itu.

Saat itu kakek Andi Amran melamar anak Raja Bantaeng karaeng Bore yang di antar kerajaan Bone. Maka akad nikah dilanjutkan antara keluarga besar kerajaan Bone dan Bantaeng.

Nah, benda-benda pusaka itulah yang sampai kini, selalu dipertanyakan di mana keberadaannya oleh keluarga besar mereka hingga saat ini.

Dalam banyak kesempatan, baik itu nonformal maupun acara resmi, seperti dalam sambutan maupun pidato, acapkali Andi Amran Sulaiman menyampaikan perihal kemanusiaan dan kesetaraan.

  • Bagikan

Exit mobile version