Semuel Abrijani Dirjen Aptika Kominfo Mundur dari Jabatannya Imbas Kasus Kebocoran Data PDNS

  • Bagikan
Semuel Abrijani Pangerapan

FAJAR.CO.ID - Direktur Jenderal Aplikasi dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Semuel Abrijani Pangerapan menyatakan dirinya mundur dari jabatannya imbas peristiwa kebocoran data di Pusat Data Nasional Sementara (PDNS).

Samuel menyatakan pada tanggal 1 Juli 2024 lalu, ia sudah mengajukan pengunduran dirinya secara lisan kepada Menteri Kominfo Budi Arie Setiadi.

"Ini lah waktu saya untuk berpisah. Dan ini saya menyatakan pertanggal 1 juli kemarin saya sudah mengajukan pengunduran diri saya secara lisan dan suratnya sudah saya serahkan kemarin pada Menteri Kominfo," tutur Semuel di Kantor Kominfo pada Kamis, 4 Juli 2024.

Adapun alasan pengunduran dirinya yaitu kejadian diretasnya Pusat Data Nasional Sementara (PDNS). Ia mengaku bertanggungjawab atas peristiwa itu.

"Kejadian ini bagaimanapun juga secara teknis adalah tanggung jawab saya sebagai dirjen pengampu," lanjut Semuel.

Sebagai informasi, data center yang diserang adalah Pusat Dana Nasional Sementara yang digunakan saat menunggu Pusat Data Nasional permanen yang masih dalam proses pembangunan.

PDNS terletak di dua lokasi yaitu Jakarta dan Surabaya dan dikelola oleh Telkom Sigma. Serangan terjadi pada PDNS yang berlokasi di Surabaya.

Dalam peristiwa ini 210 instansi baik pusat maupun daerah terdampak.

Lebih lanjut, pelaku malware meminta tebusan sebesar 8 Juta USD atau setara dengan Rp 131 miliar. Namun, pemerintah enggan membayar uang tebusan yang diminta. (fin)

  • Bagikan

Exit mobile version