Antisipasi Bencana, BPBD Kota Parepare Tinjau Delapan Titik Rawan Banjir

  • Bagikan

Lanjutnya bahwa di titik itu juga terlihat menipisnya atau menyempitnya saluran sungai akibat sedimen dan terkikisnya tanah yang berada di pinggiran bantaran sungai.

“Ini kemungkinan besar perlu kerja keras dan kerja sama yang baik dari beberapa pihak terkait, termasuk pemerintah daerah, dinas terkait, serta masyarakat setempat. Menurutnya, keterlibatan aktif semua pihak dalam upaya mitigasi bencana sangat krusial untuk meminimalisir dampak yang ditimbulkan terutama bagi para pengembang yang mana memang perlu untuk mendapatkan rekomendasi khusus dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah.”

Selain pemantauan lapangan, kita juga di BPBD telah menyiapkan berbagai langkah antisipasi lainnya, seperti peningkatan kapasitas sarana dan prasarana penanggulangan bencana, pelatihan bagi tim reaksi cepat, serta penyebarluasan informasi terkait potensi bencana kepada masyarakat.

Kesiapan kita dalam menghadapi bencana bukan hanya tanggung jawab pemerintah atau BPBD saja, tetapi juga seluruh elemen masyarakat.

“Kami mengajak masyarakat untuk selalu waspada, mengikuti informasi resmi, dan aktif dalam upaya mitigasi bencana,” tambah Rasdy Gery.

Dengan berbagai langkah yang telah diambil, BPBD berharap dapat mengurangi risiko dan dampak yang ditimbulkan oleh bencana banjir, sehingga keselamatan dan kesejahteraan masyarakat dapat tetap terjaga meskipun menghadapi tantangan cuaca yang ekstrem.(*)

  • Bagikan

Exit mobile version