Bacakan Pledoi di Tipikor, SYL: Hormat Buatmu Bang Surya Paloh

  • Bagikan
Mantan Mentan Syahrul Yasin Limpo atau SYL dituntut 12 tahun penjara. (disway)

FAJAR.CO.ID - Mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) singgung nama Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh saat membacakan nota pembelaan di Pengadilan Tipikor, Jakarta.

SYL berterima kasih kepada Surya Paloh yang juga sahabatnya itu karena telah memberikan kepercayaan dan arahan di dunia politik.

"Kepada Bapak Surya Paloh selaku pimpinan Partai NasDem yang saya banggakan atas kepercayaan politik dan persahabatan yang selama ini terjalin dengan baik. Yang dengan perannya konsisten selalu memberi arahan dalam membangun komitmen kebangsaan," ucap SYL saat bacakan pledoi, Jumat 5 Juli 2024.

Dia juga berterima kasih kepada Surya Paloh karena telah diberikan kesempatan menjadi Menteri Pertanian di kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Lebih lanjut, ia turut mendoakan sahabatnya agar tetap menjadi kakak yang senantiasa ia kenal.

"Saya selalu berdoa agar Bang Surya Paloh tetaplah sebagai abang yang sangat saya kenal baik pemikiran, ucapan, dan sikap kenegarawanannya, dan yang suka mengayomi dan memihak pada kebenaran. Hormat buatmu Bang Surya Paloh,” terangnya.

Sebelumnya, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menuntut SYL 12 tahun penjara dengan denda sebesar Rp 500 juta subsider 6 bulan penjara terkait kasus gratifikasi dan pemerasan di Lingkungan Kementerian Pertanian (Kementan).

Tak hanya itu, SYL juga dijatuhi pidana tambahan berupa pembayaran uang ganti rugi kepada negara sebesar Rp44.269.777.204 dan 30.000 US Dollar subsider 4 tahun kurungan.

  • Bagikan