Pacu Produktivitas Hortikultura, Demplot Pupuk Kaltim Tingkatkan Hasil Cabai Parigi Moutong

  • Bagikan

"Pupuk Kaltim berkomitmen untuk terus berinovasi dalam mendukung petani Indonesia, salah satunya melalui program Demplot. Dan keberhasilan panen cabai Parigi Moutong ini menunjukkan jika produktivitas tani kita bisa dongkrak, jika dikelola dengan pola yang sesuai," ujar Indah, Rabu (4/7/2024).

Dijelaskannya, melalui demplot Pupuk Kaltim berupaya mendukung ketahanan pangan nasional dengan menyediakan solusi pertanian berkelanjutan. Selain juga membantu petani memaksimalkan kapasitas produksi menggunakan pupuk non-subsidi, yang diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan petani secara signifikan.

"Pendekatan pemupukan berimbang dan pengelolaan lahan yang tepat sangat penting dalam program demplot, sehingga optimalisasi lahan dapat tercapai dengan hasil panen yang jauh lebih meningkat dari sebelumnya," tambah Indah.

Melihat hasil yang telah dicapai, Pupuk Kaltim pun berharap para petani dapat menerapkan metode pengelolaan lahan secara berkelanjutan, sehingga hasil yang diperoleh pun semakin optimal. Dimana program yang berorientasi pada peningkatan produktivitas pertanian hortikultura menjadi salah satu sasaran Pupuk Kaltim, agar pertanian berkelanjutan dan lebih berdaya saing semakin terwujud dengan hasil yang juga maksimal.

"Demplot Pupuk Kaltim bagi petani bukan sekadar seremonial, namun menjadi momentum penting dalam meningkatkan kesejahteraan petani dan memperkuat ketahanan pangan melalui peningkatan hasil produksi secara signifikan," tambah Indah.

Mewakili Pemerintah Daerah, Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Parigi Selatan Sahidin, menyampaikan apresiasi atas dukungan Pupuk Kaltim dalam mendorong produktivitas cabai di wilayahnya. Menurut dia, peningkatan hasil panen yang naik drastis pada demplot ini menandai kesuksesan kolaborasi antara perusahaan bersama petani dalam meningkatkan produktivitas sektor pertanian.

  • Bagikan