Danny Pomanto Bakal Adakan 1.000 Motor Pengangkut Sampah Listrik

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR — Wali Kota Makassar Danny Pomanto berencana mengadakan 1.000 motor pengangkut sampah listrik. Itu untuk menggantikan motor tiga roda yang saat ini digunakan.

Ia mengatakan 1.000 unit motor pengangkut sampah berbahan bakar listrik itu nantinya dibagian untuk tiap RW. Ada 998 RW di Makassar. 

“Jadi basis sampah itu adalah RW, RW kita itu 998, kita genapkan jadi 1000,” kata Danny saat ditemui di kediamannya di Jalan Amirullah, Makassar, Rabu (10/7/2024).

Motor pengangkut sampah tersebut, berbeda dengan yang saat ini digunakan. Ia bilang nantinya akan ada penutupnya. Selain itu menggunakan hidrolik untuk tongkang.

“Jadi motor sampah ini 1000 yang bisa pake hidrolik tertutup. Jadi hiar hujan juga,” ucapnya.

Sebelumnya, Danny mengatakan untuk sektor kebersihan Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar menganggarkan Rp120 miliar. Angka ini terbilang fantastis.

Pasalnya, jika dibandingkan dengan PAD yang masuk dari sektor kebersihan, angkanya hanya seperempat pengeluaran. Yaitu sekitar Rp30 miliar.

Pengadaan motor listrik pengangkut sampai itu disebut menjadi salah satu pembenahan di sektor kebersihan. Selain itu bisa berkontribusi terhadap upaya pengurangan emisi karbon karena menggunakan energi listrik. (Arya/Fajar) 

  • Bagikan