TPU Capai Kapasitas Maksimum, Muchlis Misbah Minta Pemkot Segera Lakukan Pemulihan Lahan

  • Bagikan
Anggota DPRD Kota Makassar, Muchlis Misbah

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR - Kota Makassar saat ini mengalami krisis lahan permakaman sehingga perlu tambahan lahan makam baru. Ini karena tempat pemakaman umum (TPU) yang ada sudah mencapai kapasitas maksimum untuk menampung jenazah.

Karena itu, Anggota DPRD Kota Makassar, Muchlis Misbah meminta kepada Pemerintah Kota untuk segera melakukan perencanaan pemulihan lahan pemakaman.

"DPRD minta kepada pemerintah kota untuk segera melakukan perencanaan pemulihan lahan. Karena, mengingat pekuburan Sudiang sudah tidak memungkinkan untuk ditempatkan beberapa tahun ke depan," ujar Muchlis Misbah, Jumat (26/7/2024).

Apalagi, kata Legislator Partai Hanura ini, penduduk Makassar tiap tahunnya selalu bertambah dengan masuknya pendatang serta angka kelahiran bayi. Selain itu, angka kematian di Kota Makassar juga dinilai cukup tinggi.    

Kota Makassar saat ini memiliki enam lokasi tempat pemakaman umum yaitu di Sudiang, Beroanging, Kampung Dadi, Panaikang (dua lokasi), dan Antang. Namun, beberapa di antaranya sudah hampir mencapai kapasitas maksimum.

Untuk di TPU Beroanging Pannampu, Lorong 1, Kecamatan Tallo, juga telah mencapai kapasitas maksimal untuk menerima penguburan jenazah baru.

"Jadi kami minta kepada pemerintah kota dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup (DLH) untuk segera melakukan perencanaan pemulihan lahan pekuburan," pungkasnya.

Sebelumnya memang, Pemerintah Kota Makassar telah berencana mengadakan tambahan lahan pemakaman baru pada tahun 2025 mendatang.

Melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Makassar, pihaknya telah menyiapkan dokumen perencanaan untuk penambahan lahan. Dokumen ini diharapkan dapat diajukan untuk pengadaan pada tahun 2025.

  • Bagikan