Tim Dosen UNM Gelar Pelatihan Literasi AI dan Augmented Reality untuk Menciptakan Generasi Melek Digital di SMAN 2 Barru

  • Bagikan
Tim Dosen UNM melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Skema Program Kemitraan Masyarakat (PKM) di SMAN 2 (ist)

FAJAR.CO.ID, BARRU – Tim Dosen Universitas Negeri Makassar (UNM) melalui Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRTPM) Kemendikbudristek melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Skema Program Kemitraan Masyarakat (PKM) di SMAN 2 Barru pada Rabu-Kamis, 7-8 Agustus 2024. Kegiatan ini mengusung tema "Pemberdayaan Masyarakat Melalui Literasi Kecerdasan Buatan dan Augmented Reality untuk Menciptakan Generasi Melek Digital dan Inklusif di SMAN 2 Barru."

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan wawasan praktis kepada siswa tentang cara memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan (AI) dan augmented reality (AR) dalam mengembangkan produk atau layanan kewirausahaan yang inovatif. Dengan mengintegrasikan literasi digital dalam pembelajaran kewirausahaan, siswa didorong untuk berpikir kritis, kreatif, dan etis saat merancang solusi kewirausahaan. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi siswa serta mempersiapkan mereka menjadi generasi yang melek digital dan inklusif.

Ketua Tim Pengabdi, M. Miftach Fakhri, S.Kom., M.Pd., dalam sambutannya menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari upaya mempersiapkan generasi muda untuk menghadapi tantangan era digital.

“Kami ingin siswa memiliki pemahaman yang kuat tentang bagaimana teknologi digital, khususnya AI dan AR, dapat diterapkan dalam konteks kewirausahaan, sehingga mereka tidak hanya menjadi pengguna teknologi tetapi juga inovator yang mampu menciptakan peluang usaha baru,” ujar Miftach.

Kegiatan ini juga melibatkan mahasiswa sebagai fasilitator yang mendampingi guru dan siswa dalam proses pelatihan AI dan AR. Pengalaman ini akan direkognisi sebagai 6 SKS bagi mahasiswa yang terlibat dalam program MBKM Asistensi Mengajar di Satuan Pendidikan. Selain itu, kegiatan ini berkontribusi pada capaian Indikator Kinerja Utama (IKU) 2, 3, dan 5 melalui keterlibatan mahasiswa di luar kampus, publikasi ilmiah, serta kontribusi dosen di luar kampus.

  • Bagikan