Mahasiswa KKN Unhas Kejati Sulsel Gelombang 112 Seminar Pilkada

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR - Mahasiswa KKN Unhas Kejati Sulsel Gel.112 bekerja sama dengan Pihak Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan, Badan Pengawasan Pemilihan Umum Kota Makassar, dan Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin menyelenggarakan Seminar Nasional untuk memberikan pemahaman terkait dengan harmonisasi kejaksaan bersama-sama dengan kepolisian dan bawaslu dalam mengawal pilkada, serta bagaimana teknis dan peran bawaslu dalam menjaga kampanye politik, tak lupa pula dibahas mengenai definisi kemerdekaan politik, tranformasi politik dari masa ke masa, dan kecurangan yang biasa terjadi selama Pilkada oleh Akademisi.

Kegiatan Seminar Nasional dilaksanakan pada hari Minggu, Tanggal 11 Agustus 2024 dari Pukul 14.00 sampai 16.30 WITA, ini diselenggarakan daring melalui Zoom dan melibatkan Pemateri yaitu Ibu Andi Sundari, S.H.,M.H selaku Asisten Pembinaan Kejaksaan Tinggi Sulsel, Bapak Dede Arwinsyah, S.H.,M.H selaku Ketua Bawaslu Kota Makassar, Bapak Prof. Dr. Hamzah Halim, S.H.,M.H.,M.AP selaku Dekan Fakultas Hukum Universitas Hasaunddin yang dalam hal ini diwakili oleh Bapak Prof. Dr. Maskun S.H.,LL.M. selaku Wakil Dekan 1 Bidang Kemahasiswaan Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin dan Prof. Dr. Aswanto, S.H.,M.Si.,DFM selaku Akademisi Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin.

Kutipan dari beberapa pemateri yang memberikan gambaran dan tujuan seminar ini dilaksanakan seperti berikut;

“Tema yang diangkat sangat relevan dengan zaman sekarang yaitu membahas Transformasi Demokrasi Lokal, Peran Kemerdekaan Politik dalam Pemilihan Kepala Daerah sangat menarik karena beberapa bulan kedepan kita akan menghadapi pilkada yang akan dilaksanakan serentak, kita harus melihat konteks pemilukada akan membawa angin segar baru, karena kemudian akan membawa pemimpin - pemimpin baru yang nantinya akan memberikan nuansa baru dan tentunya harapan baru bagi Indonesia dan hal inilah yang menjadi sangat penting bagi kita semua” sebagaimana yang disampaikan oleh Prof. Dr. Maskun S.H., LL.M selaku Wakil Dekan 1 Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin dalam sambutannya.

  • Bagikan

Exit mobile version