Dosen Univeristas Negeri Makassar Gelar Seminar PKM Inovatif

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Universitas Negeri Makassar kembali menunjukkan komitmennya dalam pengembangan pendidikan inklusif. Kali ini, salah satu dosen dari UNM sukses menggelar seminar Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) bekerja sama dengan Sekolah Luar Biasa C Yayasan Pendidikan Pembina Luar Biasa (SLB C YPPLB) Makassar.

Seminar yang dibuka langsung oleh Kepala Sekolah, Bapak Ilyas Ibrahim S.Pd dimana dalam sambutannya, pak Ilyas menyampaikan bahwa anak tunagrahita memiliki kemampuan kognitif yang rendah, IQ mereka dibawah 70%. Untuk membuat mereka aktif dalam pembelajaran, maka kreativitas dan inovasi sangat dibutuhkan agar guru dapat dengan mudah membimbing anak-anak tunagrahita yang ada di SLB-C YPPLB Makassar ini. Adapun tema yang diangkat pada seminar ini yakni “Implementasi Teknologi Camtouch Interactive Whiteboard sebagai Sarana Pembelajaran Inovatif untuk Meningkatkan Kognitif”. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan dan mengimplementasikan teknologi canggih dalam proses pembelajaran di SLB C YPPLB Makassar.

Juga dalam sambutannya, bapak Wahyu Hidayat M. S.Pd, M.Pd selaku ketua tim menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari upaya untuk menerapkan hasil penelitian di dunia nyata. Dengan dukungan dana dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud-ristek), diharapkan kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi guru dan orang tua siswa dalam meningkatkan kualitas pembelajaran bagi anak-anak berkebutuhan khusus.

Peserta seminar sangat antusias mengikuti sesi demonstrasi penggunaan camtouch interactive whiteboard. Mereka terlihat tertarik dengan berbagai fitur menarik yang dapat dimanfaatkan untuk membuat proses belajar menjadi lebih menyenangkan dan interaktif.

  • Bagikan