Tim PKM Universitas Negeri Makassar Gelar Pelatihan Diversifikasi Olahan Rumput Laut Di Desa Pitue

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Dosen Universitas Negeri Makassar dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis telah melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat Direktorat Riset, Teknologi dan Pengabdian Kepada Masyarakat (DRTPM) di Desa Pitue Kecamatan Ma’rang Kabupaten Pangkep, pada Jum’at 9 Agustus 2024.

Mengangkat tema “Diversifikasi Pengolahan Dan Pemasaran Rumput Laut Dalam Menunjang Perekonomian Keluarga Pada Masyarakat Pesisir Di desa Pitue Kecamatan Ma’rang Kabupaten Pangkep”.

Kegiatan ini meliputi beberapa agenda yaitu, pelatihan membuat pastel mini, nugget dan bakso berbahan dasar rumput laut dan daging ikan bandeng, kemudian bagaimana cara memasarkannya dengan menggunakan platform digital.

Kepala Desa Pitue bapak Muhammad Nasrul dalam sambutannya memotivasi warganya dengan menyebut Ibu-ibu hebat agar mau belajar meningkatkan pengetahuan dan ketrampilannya dalam mengolah rumput laut, agar bisa dijadikan usaha dalam menambah pendapatan keluarga.

Selain itu Nasrul menyinggung bahwa Desa Pitue mempunyai sejumlah program unggulan PKK yang dijalankan dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan dan pengelolaan ekonomi warganya. Salah satu diantaranya adalah Rumah Dilan (Pendidikan dan Keterampilan) ujarnya.

Kegiatan pengabdian ini bertempat di gedung Baruga Sayang Desa Pitue yang diikuti oleh kurang lebih 50 orang. Peserta merupakan ibu2 yang tergabung dalam POKJA PKK yang dipimpin oleh ibu NURLINA.

Ibu-ibu peserta kegiatan sangat antusias mengikuti pelatihan ini dan ikut serta terlibat dalam pembuatan produk olahan rumput laut. Hasil kegiatan ini berupa bakso, nugget serta pastel mini yang bahan dasarnya dari rumput laut.

  • Bagikan

Exit mobile version