Pengenalan Kampus PoltekMu Makassar Hadirkan Orang Tua Mahasiswa

  • Bagikan

Fajar.co.id, Makassar -- Politeknik Muhammadiyah (PoltekMu) Makassar menggelar pertemuan orang tua mahasiswa baru tahun akademik 2024/2025 pada Senin, 25 Agustus 2024 secara hibrida.

Ratusan orang tua menghadiri rangkaian agenda Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) itu.

Saat menyampaikan sambutan, Ketua BPH PoltekMu Makassar, Prof. Dr. H. Arifuddin Ahmad, M.Ag. menyampaikan Perguruan Tinggi Muhammadiyah-'Aisyiyah (PTMA) memiliki perbedaan yang menjadi ciri khas keunggulan, yaitu Al-Islam dan Ke-Muhammadiyahan (AIK).

Bahkan, AIK menjadi darma keempat di PTMA, berbeda dengan perguruan tinggi lainnya yang hanya menerapkan tridarma. PTMA menerapkan AIK sebagai wujud ikhtiar Persyarikatan Muhammadiyah untuk berdakwah mewujudkan Islam yang sebenar-benarnya. Seluruh ilmu, keterampilan, dan pembinaan sikap di PTMA harus terintegrasi dengan nilai-nilai Al-Islam, sebagaimana perintah Allah, Iqra Bismirabbikalladzi khalaq.

Muhammadiyah bersama perguruan tinggi dan amal usaha lainnya, kata Arifuddin, juga mengedepankan spirit Islam berkemajuan yang tidak hanya merujuk Quran dan Hadis maqbula, tetapi juga menekankan untuk memperluas pengkhidmatan kemanusiaan universal, tidak hanya nasional tapi juga global yang berorientasi pada kemajuan.

"Namun, Bapak Ibu tidak perlu khawatir. Ini tidak berarti bahwa anak Bapak Ibu pasti akan di-Muhammadiyahkan. Tidak seperti itu. Perguruan tinggi Muhammadiyah di wilayah timur, di Kupang, di Fakfak, mahasiswa non Muslimnya justru lebih banyak. Muhammadiyah tidak membatasi lembaga pendidikannya karena masalah perbedaan agama sekalipun, apalagi hanya karena perbedaan paham ke-Islaman," tegas dia.

  • Bagikan

Exit mobile version