Dosen UMI Lakukan Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Produk Olahan Ikan dengan Teknologi

  • Bagikan
Dosen UMI melakukan pelatihan dan pendampingan pembuatan makanan olahan ikan anti stunting.

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Dosen Universitas Muslim Indonesia (UMI) melakukan pengabdian kepada masyarakat (PkM) yaitu pelatihan dan pendampingan pembuatan berbagai produk olahan ikan dengan teknologi untuk mengolah hasil perikanan menjadi produk olahan ikan siap saji yang bernilai gizi yang tinggi serta bernilai jual yang tingg sesuai dengan pedoman cara produksi pangan yang baik untuk industri rumah tangga (CPPB-IRT), sehingga dapat mengembangkan sentra UKM agar memiliki potensi yang lebih baik.

Adapun Tim pengabdi Universitas Muslim Indonesia yaitu :
apt. Virsa Handayani, S.Farm., M.Farm (ketua tim), apt. Aktsar Roskiana Ahmad, S.Farm., M.Farm., Ph.D (Anggota), DR. Andi Surahman Batara,M.Kes (Anggota).

Judul Pelatihan dan pendampingan pembuatan makanan olahan dari ikan ini berjudul: NUGESOTUNA (Nuget Sosis Tuna) Solusi Kreatif Pencegah Stunting dan Inovatif Menaikkan Nilai Ekonomis Ikan Tuna di Desa Sanrobone Kab Takalar.

Kegiatan ini bertujuan untuk elaborasi pengetahuan masyarakat sanrobone dalam pengolahan yang mudah diterima masyarakat khususnya anak-anak.

Makanan olahan yang dibuat adalah sosis dan nugget yang diberi nama NUGESOTUNA. Pemilihan produk ini sangat sesuai dengan jajanan favorit khususnya Usia Balita dan anak-anak sehingga dapat memudahkan dalam menunjang pemenuhan gizi mereka.

Peserta kegiatan ini adalah ibu-ibu PKK dan masyarakat desa Sanrobone. Kegiatan ini juga di hadiri langsung oleh ketua PKK desa sanrobone dan kepala Desa Sanrobone. Pelatihan ini juga mendapatkan antusias bukan hanya dari ibu-ibu PKK dan masyarakat desa Sanrobone namun pegawai desa sanrobone juga sangat antusia dalam pelaksanaan kegiatan ini.

  • Bagikan

Exit mobile version