Akbar Ali Hadiri Pelantikan Anggota DPRD Parepare

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, PAREPARE - Penjabat Wali Kota Parepare Akbar Ali mengucapkan selamat atas pelantikan 25 Anggota DPRD Parepare periode 2024-2029.

Ucapan itu disampaikan dalam rapat paripurna pengucapan sumpah Anggota DPRD Parepare masa jabatan 2024-2029 di Gedung DPRD Parepare, Senin (2/9/2024).

Dalam kesempatan itu, Akbar Ali membacakan sambutan seragam Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia Muhammad Tito Karnavian.

Dalam sambutan seragam itu, Akbar Ali mengucapkan selamat kepada anggota DPRD yang telah dilantik.

Dia juga mengucapkan terima kasih serta apresiasi kepada seluruh rakyat Indonesia yang telah menggunakan hak konstitusionalnya dalam pemungutan suara pada 14 Februari 2024, yang lalu.

"Selanjutnya, terima kasih juga kami ucapkan kepada seluruh pihak penyelenggara yang terlibat. Serta seluruh masyarakat yang telah berkolaborasi dan bekerja sama dengan segenap komponen bangsa guna turut mensukseskan pelaksanaan Pemilu dalam nuansa yang demokratis, lancar, dan damai," kata Akbar Ali.

Dia menyebutkan bahwa terdapat dua hal yang perlu dicermati oleh para anggota DPRD yang baru saja dilantik.

Pertama, kata dia, secara konseptual maupun legal-formal, kedudukan DPRD merupakan bagian integral dari pemerintahan daerah. Di mana karakter dari DPRD di dalam kerangka negara kesatuan memiliki corak yang berbeda dengan kedudukan pembaga legislatif di negara-negara federal yang menganut pemisahan kekuasaan negara secara absolut hingga ke tingkat lokal atau regional.

"Oleh karena itu, Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah meletakkan DPRD sebagai unsur penyelenggara pemerintahan daerah yang bermitra sejajar dengan kepala daerah," ungkapnya.

  • Bagikan