Sulsel Masuk Zona Merah pada Pilkada 2024, Mayjen Bobby: dengan Kebersamaan, yang Dikhawatirkan Tidak akan Terjadi

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Bobby Rinal Makmun mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama menjaga dan mendukung pelaksanaan Pilkada yang aman dan damai.

Hal ini dikatakan Bobby saat menggelar acara Tudang Sipulung dengan tema, "Ciptakan Pilkada serentak yang damai di wilayah Sulsel tahun 2024", di Cafe Agung, Jalan DR. Ratulangi, Kecamatan Mamajang, Kota Makassar, Selasa (10/9/2024).

"Jadi sebenarnya saya hanya ingin mengajak seluruh komponen masyarakat untuk sama-sama menjaga dan saling mendukung agar pelaksanaan Pilkada berjalan aman dan lancar," ujar Bobby kepada awak media.

Untuk mewujudkan Pemilu yang aman dan damai, Bobby juga menekankan agar masyarakat mengaplikasikan budaya tiga S. Sipakatau, Sipakalebbi, Sipakainge.

"Jadi kita harus saling menghormati, menghargai, dan mengingatkan," tukasnya.

Merespons posisi Sulsel yang terjerumus ke dalam zona merah dengan indikator rawan konflik pada Pilkada serentak, Bobby memberikan pandangannya.

"Saya pikir dengan kebersamaan kita bisa jaga supaya tidak terjadi hal yang kita khawatirkan," Bobby menuturkan.

Karena wilayah Kodam XIV/Hasanuddin tidak hanya di Sulsel, Bobby mengatakan bahwa pihaknya akan mengerahkan sekitar 9 ribu personel untuk pengamanan.

"Kita mungkin memperkirakan sekitar 9 ribu orang untuk membantu Kepolisian dalam Pilkada serentak," ucapnya.

Dari sekitar 9 ribu itu, kata Bobby, nantinya akan membantu memberikan pengamanan proses Pilkada, termasuk penyaluran logistik ke daerah-daerah terpencil.

  • Bagikan