Gelar Kuliah Umum, Departemen Ilmu HI Unhas Unhas Hadirkan Senior Lecture Social Research Methodology dari University of Amsterdam

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Senin, 9 September 2024, bertempat di ruang senat lantai 2 rektorat Departemen Ilmu Hubungan Internasional menggelar kuliah umum dengan tema “Navigating complexity in a Globalize World with Global Science Methodology”.

Ini merupakan rangkaian dari kegiatan Adjunct Professor pertama di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Kuliah umum ini dibawakan oleh Senior Lecture Social Research Methodology from Faculty of Social and Behavioural Science University of Amsterdam Dr. G. A. (Gerben) Moerman dengan dipandu oleh Nurjannah Abdullah, S.IP., M.A yang juga merupakan dosen Departemen Ilmu Hubungan Internasional Universitas Hasanuddin.

Kuliah umum diawali dengan sambutan oleh Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Prof. Dr. Phil. Sukri, M.Si. yang menyambut positif kegiatan ini dan berharap kuliah yang dibawakan Gerben bermanfaat bagi mahasiswa dan civitas akademika yang hadir.

Kegiatan dilanjutkan dengan sesi foto bersama dengan seluruh peserta kuliah umum.

Acara inti yakni pembawaan materi kuliah umum oleh Dr. G. A. (Gerben) Moerman, diawali dengan pembukaan oleh moderator.

Gerben memulai kuliah umumnya dengan mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh pihak terkhusus kepada Departemen Ilmu Hubungan Internasional dalam hal ini dosen beserta student volunteer.

Materi diawali dengan penjelasan Moerman tentang navigating yang melihat dari dua karakteristik yakni navigating Makassar ala Suku Bugis dan navigating Dutch yang terkenal di Indonesia yaitu VOC.

Gerben juga membawakan materi tentang metodologi yang menyatakan bahwa metodologi harus dilihat sebagai prosen bukan sebagai resep serta metodologi adalah kata kunci keilmuan.

  • Bagikan