Ratusan Mahasiswa dari Perbatasan Kaltara Dapat Beasiswa di UPA Makassar

  • Bagikan
Rektor Universitas Patria Artha (UPA) Makassar, Bastian Lubis

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Ratusan mahasiswa dari perbatasan Kalimantan Utara (Kaltara) mendapat beasiswa Universitas Patria Artha (UPA) Makassar.

Meski ada MoU antara Pemprov Kaltara dengan UPA Makassar, namun beasiswa ini murni dari Yayasan Patria Artha. Hal ini tak terlepas dari hubungan persahabatan antara Rektor Universitas Patria Artha (UPA) Makassar, Bastian Lubis dengan Gubernur Kaltara, Zainal A. Paliwang.

Para mahasiswa tersebut diterima di delapan prodi. Pemprov Kaltara dan UPA mulai program ini sejak tahun 2022. Di tahun 2022 lalu dengan 239 mahasiswa, di 2023 ada 253 orang. Dan di tahun 2024 ini 263 orang.

Pada tahun ajaran 2025, juga sudah ada yang mendaftar 176 orang dari Kaltara. UPA sendiri telah menjalankan program beasiswa selama sembilan tahun.

Rektor UPA Makassar, Bastian Lubis menyampaikan, program beasiswa ini merupakan subsidi silang antara yang menerima beasiswa dengan yang tidak.

“Beasiswa ini merupakan program pengabdian masyarakat, UPA kepada kemajuan sumber-sumber daya manusia,” kata Bastian, Kamis, (12/9/2024).

Sebagai kerjasama dalam program ini, Gubernur Kaltara berupaya untuk membangun asrama mahasiswa Kaltara di Sulawesi Selatan seperti yang ada di Yogyakarta.

“Kalau sudah ada asrama, Insyaallah mereka meminimalisir biaya kos,” tandas Bastian yang juga merupakan Ketua TGUPP Pemprov Kaltara ini. (selfi/fajar)

  • Bagikan