Rektor UIN Alauddin Makassar Kukuhkan 768 Wisudawan Angkatan 106

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, Prof. Hamdan Juhannis, secara resmi mengukuhkan 768 wisudawan dari delapan fakultas dan satu pascasarjana.

Pengukuhan dilaksanakan dalam Sidang Senat Terbuka Luar Biasa yang digelar di Gedung Auditorium, Kampus II UIN Alauddin, Kabupaten Gowa, Rabu 11 September 2024.

Dalam sambutannya, Prof. Hamdan Juhannis mengajak para wisudawan untuk selalu menjaga nama baik universitas serta menjadi duta terbaik UIN Alauddin di dunia luar.

“Jadilah duta terbaik, ambassador UIN Alauddin Makassar di luar sana. Saya yakin, alumni adalah mitra strategis dalam mengangkat citra universitas,” tegasnya.

Lebih lanjut, Ia juga menekankan pentingnya tiga literasi utama yang harus dimiliki oleh setiap alumni, yaitu literasi data, literasi teknologi, dan literasi manusia.

Ia menjelaskan bahwa literasi data akan membantu alumni dalam memprediksi masa depan secara sistematis.

“Dengan literasi data yang kuat, kalian tidak hanya bermimpi, tetapi bangun dari mimpi dan terus berjalan untuk meraih tujuan kalian,” ujar Prof. Hamdan.

Terkait literasi teknologi, Prof. Hamdan menekankan bahwa era digital menuntut setiap individu untuk memiliki kemampuan teknologi yang mumpuni.

“Kalian akan tergilas zaman jika tidak memiliki literasi teknologi yang kuat. Apapun profesi kalian, harus ditopang oleh literasi teknologi. Jika tidak, posisi kalian bisa saja digantikan oleh mesin atau robot,” tambahnya.

Selain itu, literasi manusia, yang berkaitan dengan kemampuan berkomunikasi dan bernegosiasi, juga dianggap sangat penting.

  • Bagikan