Tingkatkan Kemampuan Guru Membuat Media Pembelajaran Animasi

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID -- Beberapa dosen Universitas Pancasakti (Unpacti) Makassar yang tergabung dalam Tim Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat (PKM) di Sekolah Dasar (SD) Negeri 47 Kabupaten Barru, Sabtu, 31 Agustus 2024, dengan tema Model Pembelajaran Mandiri Berbasis Interactive Animation Menumbuh-kembangkan Karakter Siswa Menuju Generasi Emas.

Kegiatan pertama yang dilakukan adalah sosialisasi kemudian pelatihan yang diberikan kepada guru dengan menghadirkan dua narasumber, dari pemerhati pendidikan Barru serta guru penggerak di Kabupaten Barru.

“Kegiatan pelatihan ini bertujuan meningkatkan kemampuan guru dalam membuat sebuah media pembelajaran animasi interaktif sehingga dapat berdampak pada minat belajar matematika siswa,” kata Ketua Tim PKM Unpacti Makassar, Irfan Arsid SPd MPd.

Tim PKM Unpacti Makassar yang diketuai Irfan Arsid, beranggotakan Suryanti SPd MPd dan Nuzul Tenriana SPd MPd, serta melibatkan dua mahasiswa dari Prodi Pendidikan Matematika.

“Kita berharap setelah pelatihan ini, para guru SD 47 Barru dalam proses pembelajaran sudah menggunakan media animasi interaktif,” kata Irfan, seraya menambahkan bahwa kegiatan ini didanai oleh Direktorat Riset Teknologi dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRTPM).

Kabupaten Barru, katanya, memiliki latar belakang literasi baca tulis dan numerasi yang kuat. Di Barru lahir Colli Pujie, penulis naskah sastra terpanjang yakni Lagaligo.

Selain itu Colli Pujie dalam perjalanannya membuat sebuah huruf yang digunakan dalam berkomunikasi dengan pejuang saat itu, yakni Lontarak Bilang, terinspirasi dari angka Arab pada saat itu.

  • Bagikan