Tingkatkan Kemampuan Guru Membuat Media Pembelajaran Animasi

  • Bagikan

Kepala SD Negeri 47 Barru, Sudirman HS SPd, menyampaikan, kegiatan pelatihan ini sangat bermanfaat, tinggal guru yang harus dapat mempraktekkan dalam proses pembelajaran.

“Kami selalu siap menjadi mitra untuk kegiatan-kegiatan seperti ini,” kata Sudirman.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam dua tahap, tahap pertama memberikan materi terkait pentingnya menggunakan media dalam proses pembelajaran, yang dibawakan oleh Nurul Mukhlisa SPd MPd.

Nurul Mukhlisa menekankan pentingnya media dalam pembelajaran dan mengajak peserta untuk selalu menggunakan media saat mengajar.

"Apakah boleh tidak menggunakan media dalam pembelajaran?” tanya Mukhlisa, dan dijawab “Tidak” oleh peserta pelatihan yang hadir.

Mukhlisa juga menyampaikan beberapa jenis media dalam pembelajaran di antaranya adalah media interaktif. Menurutnya media interaktif ini dapat mengcover jenis media yang lain seperti media auditori dan media visual.

Tahap selanjutnya melakukan praktik pembuatan media yang dipandu oleh Haris SPd MPd. Haris mempraktikkan membuat media animasi interaktif menggunakan aplikasi Canva.

Menurut Haris, guru sekarang dengan adanya akun belajar.id sudah sangat membantu untuk penggunaan Canva karena sudah dapan menggunakan fitur-fitur Canva yang seharusnya berbayar.

Dari pelatihan ini peserta dari tenaga pendidik dan tenaga kependidikan SD Negeri 47 Barru merasa senang dan mendapatkan informasi terkait media interaktif animasi.

"Ini dapat membantu dan menginspirasi untuk membuat media interaktif animasi,” kata Haryuni, salah seorang peserta pelatihan, seraya menambahkan, “Semoga pelatihan-pelatihan seperti ini dapat dilakukan di waktu yang akan datang.”

  • Bagikan

Exit mobile version