Sahruddin Said Yakin Appi akan Perjuangkan Kaum Marjinal

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Gelombang dukungan terhadap bakal calon wali kota dan calon wakil wali kota Makassar Munafri Arifuddin-Aliyah Mustika Ilham seolah tak terbendung.

Kini giliran tokoh masyarakat Makassar Utara, Sahruddin Said menyatakan dukungannya secara pribadi ke pasangan berakronim Mulia tersebut.

Mantan Anggota DPRD Kota Makassar itu berkeyakinan penuh bahwa pasangan Mulia akan mampu menjawab dan merealisasikan aspirasi masyarakat Makassar Utara khususnya di wilayah kepulauan

Yang menjadi pekerjaan rumah pemerintah adalah masalah ketersediaan listrik dan air bersih.

Appi sapaan akrab Munafri mengatakan kebutuhan fundamental masyarakat di Kota Makassar belum terpenuhi sepenuhnya. Dua diantaranya terkait listrik dan air bersih.

"Ini hak masyarakat yang harus dia dapatkan. Ini kebutuhan dasar yang tidak boleh tidak ada," ujar Appi di Hotel Continent Makassar, Selasa (17/9/2024).

Listrik di pulau-pulau sering kali menjadi tantangan, terutama di daerah terpencil atau yang jauh dari jaringan listrik utama. Beberapa solusi yang ia tawarkan untuk menyediakan listrik di pulau-pulau adalah pembangkit listrik tenaga diesel.

Banyak pulau menggunakan generator diesel karena mereka dapat dengan mudah dioperasikan, meskipun biaya bahan bakar dan pemeliharaan bisa tinggi, terutama di daerah terpencil.

Berikutnya adalah Energi Terbarukan (Tenaga Surya dan Angin). Di beberapa pulau, tenaga surya dan angin menjadi pilihan populer karena mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil.

Panel surya dan turbin angin dapat dipasang untuk menghasilkan listrik, meskipun stabilitas pasokan dapat dipengaruhi oleh cuaca.

  • Bagikan