Upaya Peningkatan Produktivitas Tembakau di Desa Batu Belerang, Kabupaten Sinjai

  • Bagikan

Selain batnag tembakau tembakau, salah satu limbah pertanian yang dihasilkan di kecamatan Sinjai Borong adalah sekam padi yang dihasilkan pasca panen. Jumlahnya yang melimpah dan tanpa harus membeli.

Kegiatan PkM juga membekali keterampilan dalam pemanfaatan sekam padi untuk membantu peningkatan kualitas dan kesuburan tanah pertanian.

Arang sekam memiliki banyak manfaat bagi kesuburan tanah dan dapat meningkatkan produktivitas pertanian khususnya tanaman tembakau. Arang sekam mampu menyerap dan menyimpan air, sehingga dapat membantu menjaga kelembaban tanah, terutama pada musim kemarau.

Ini mengurangi kebutuhan penyiraman yang lebih sering. Selain itu, Arang sekam mengandung sejumlah nutrisi penting, seperti kalium, fosfor, dan magnesium. Nutrisi ini dapat dilepaskan secara perlahan ke dalam tanah, memberikan pasokan nutrisi yang berkelanjutan bagi tanaman.

Selain hama dan pupuk, masalah lain yang dihadai oleh petani adalah keadaan cuaca di kecamatan Sinjai Borong yang tidak menentu sehingga proses pengeringan yang dilakukan cukup lama dan membutukan tenaga lebih. Tim PKM dan mitra telah membangun green house yang berukuran 3 x 14 meter sebagai sampel dan membekali kelompok tani bahan berupa Plastik UV untuk pembangunan secara mandiri setelah panen.

Pada kegiatan ini, Tim PkM telah menyerahkan satu unit alat berupa mesin pencacah batang tembakau sehingga proses penghancuran limbah batang tembakau bisa lebih mudah. Mesin pencacah memiliki peranan penting dalam proses pembuatan kompos.

  • Bagikan