Upaya Peningkatan Produktivitas Tembakau di Desa Batu Belerang, Kabupaten Sinjai

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, SINJAI -- Dalam upaya meningkatkan produktivitas tembakau, tim pengabdian masyarakat DRTPM Universitas Negeri Makassar berhasil menyelenggarakan kegiatan yang memberikan dampak positif bagi para petani tembakau di Desa Batu Belerang kecamatan Sinjai Borong Kabupaten Sinjai.

Kegiatan ini berlangsung selama 3 bulan mulai dari Juni hingga September 2024 dan melibatkan kolaborasi antara dosen, mahasiswa san masyarakat kelompok tani tembakau di Desa Batu Belerang Kecamatan Sinjai Borong Kabupaten Sinjai.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan petani melalui beberapa pelatihan dan pendampingan guna untuk meningkatkan produktivitas tembakau di masa yang akan datang. Tim pengabdian memperkenalkan berbagai inovasi dalam budidaya tembakau yang diharapkan dapat meningkatkan hasil panen dan kualitas tembakau yang dihasilkan serta meminimalisir penggunaan biaya perawatan tanaman tembakau.

Beberapa kegiatan yang dilakukan dia ntaranya pembuatan pupuk cair, pembuatan pupuk kompos dari limbah batang tembakau, pembuatan arang sekam, pembuatan green house dan pemberian alat berupa mesin pencacah batang tembakau.

Tingginya ketergantungan petani pada pupuk kimia dan pestisida kimia dalam melakukan perawatan tanaman tembakau. Selain tingkat pengeluaran uang yang cukup tinggi untuk pembelian pupuk dan pestisida kimia, juga akan menimbulkan penurunan kualitas tanah serta menimbulka resistensi pada hama.

Oleh karena itu, Tim PKM telah melakukan pelatihan berupa demonstrasi dan praktek pembuatan pupuk cair dan kompos kepada kelompok tani tembakau mulai dari tahapan persiapan bahan sampai pasca fermentasi dan siap untuk digunakan.

  • Bagikan

Exit mobile version