Kakanwil Kemenkumham Sulsel Dilantik Menjadi Majelis Pengawas dan Kehormatan Notaris

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, BALI - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan (Kakanwil Kemenkumham Sulsel), Taufiqurrakhman dilantik menjadi Majelis Pengawas Wilayah Notaris (WPWN) dan Majelis Kehormatan Notaris Wilayah Sulawesi Selatan oleh Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum (Dirjen AHU), Cahyo Rahadian Muzhar.

Pelantikan ini digelar pada Rapat Koordinasi (Rakor) Penguatan, Pembinaan dan Pengawasan terhadap Jabatan Notaris di Discovery Kartika Hotel Bali, Rabu (18/9).

Dirjen AHU, Cahyo Rahadian Muzhar mengawali sambutannya mengungkapkan bahwa era sekarang merupakan era yang mempunyai tantangan yang mana para notaris merupakan jabatan profesi yang mempunyai hak dan tanggung jawab dalam layanan publik.

"Menghadapi tantantangan tersebut, Notaris harus bersama-sama dengan pemerintah karena merupakan bagian dari pemerintah. Kita harus mempunyai satu persepsi dan pandangan yang sama serta satu tujuan," Ungkap Cahyo.

Ia menekankan kepada para yang dilantik saat ini untuk menjaga sinergitas dan kolaborasi serta menjaga kekompakan di masing-masing wilayah. "Ini menjadi tanggungjawab bersama dari semua pihak terkait yang perlu dilakukan secara bersama-sama dalam membangun bangsa yang semakin besar," Ucap Cahyo.

"Saya yakin, pembinaan dan pengawasan notaris akan jauh lebih baik ketika menerapkan hal tersebut dan menerapkan standar sesuai ketentuan perundang-undangan yang ada tanpa membeda-bedakan satu dengan yang lainnya serta diterapkn dengan tegas dan netral," Lanjutnya.

Dirjen Cahyo menutup sambutannya dengan meminta para majelis yang dilantik untuk menjaga integritas serta melakukan pemetaan pada masing-masing wilayah.

  • Bagikan