Jadi Narasumber Kuliah Umum, Pj Bupati Sinjai Motivasi Mahasiswa UIAD

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, SINJAI -- Penjabat (Pj) Bupati Sinjai, T.R Fahsul Falah menghadiri rapat senat terbuka luar biasa pengukuhan mahasiswa baru Universitas Islam Ahmad Dahlan (UIAD) Sinjai, di Auditorium H. M Amir Said, Jumat (20/9/2024) pagi.

Rapat senat ini dirangkaikan dengan kuliah umum mahasiswa baru tahun akademik 2024/2025. Pj Bupati Sinjai T.R Fahsul Falah yang hadir pada kesempatan tersebut didaulat untuk membawakan materi "Etika dan Kepempimpinan pada Konteks Global".

Di hadapan ratusan mahasiswa baru UIAD, orang nomor satu di Kabupaten Sinjai menekankan bahwa menjadi seorang pemimpin adalah hal yang tidak mudah. Ada esensi yang wajib untuk dipenuhi sehingga menjadi pemimpin yang diharapkan.

"Etika adalah salah satu yang wajib kita miliki sebagai seorang pemimpin," ucapnya dalam forum senat.

Tantangan dan permasalahan saat ini kata TR sapaan akrab Pj Bupati Sinjai, semakin kompleks mulai dari Inovasi, tuntutan digitalisasi, pengembangan SDM, tuntunan pelaksanaan cara kerja yang lebih efisien, dan membangun kemampuan kolaborasi dan mempengaruhi.

Lima tantangan diatas wajib untuk menjadi bahan perhatian sebagai seorang pemimpin. Termasuk mampu memberikan solusi dan kebijakan serta mampu bertransformasi mengikuti zaman seperti saat sekarang ini di era digital.

"Setiap pemimpin harus mengerti terkait digitalisasi, mampu memberikan solusi dan tahu segala hal yang kemungkinan akan dihadapi kedepan," sambungnya.

Terakhir, sebagai seorang pemimpin juga harus menjadi pelayan masyarakat, tahu menempatkan diri dan selalu menjadi bagian dari masyarakat itu sendiri. "Yang tak kalah penting kita harus bisa menjadi pelayan masyarakat," jelasnya.

  • Bagikan

Exit mobile version