Dalam Rangka: Pameran Residensi Baku Konek

  • Bagikan

Faida Rachma adalah desainer grafis yang pernah bekerja-ria bersama Warning Magazine dan Lir Space sembari menyelesaikan kuliah di jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Gadjah Mada. Saat ini tengah menempuh studi lanjutan di Kajian Budaya dan Media di universitas yang sama. Ia mulai terlibat dalam produksi karya seni rupa sekitar tahun 2016 dan pernah terlibat dalam sebuah kolektif bernama Rar Edition yang berfokus pada kerja-kerja desain dan produksi zine. Ia pernah melakukan residensi di ICFAM (Indonesia Contemporary Fiber Art Movement) Jakarta, Three musketeers di Ace House Collective (Yogyakarta), Ephemera #2 di IVAA (Yogyakarta), dan di Tanijiwo (Dieng). 

Sejauh ini, ketertarikan dan produksi karya yang ia lakukan tak jauh dari kerja-kerja pengarsipan dan pembacaan arsip. Terutama yang berkaitan dengan politik representasi dan relasi kuasa yang bekerja dalam pembentukan sebuah arsip itu sendiri. Saat ini tengah mengerjakan tesis yang menggunakan arsip foto keluarga untuk meneliti seputar rumah, keluarga, dan relasi-kuasa antar anggota keluarga terkait dengan praktik konsumsi dan barang-barang yang ada di dalam ruang hidup mereka.

Gandhi Eka, menetap dan mengembangkan karirnya di bidang seni rupa di kota Bandung. Ia menyelesaikan pendidikan formalnya dengan gelar magister di Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) Institut Teknologi Bandung (ITB) setelah sebelumnya meraih gelar sarjana di bidang Desain Komunikasi Visual (DKV) dari Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta. Sebagai seorang seniman, Gandhi aktif menghasilkan karya-karya yang dipamerkan tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di berbagai negara. 

  • Bagikan