Dalam Rangka: Pameran Residensi Baku Konek

  • Bagikan

Drawing dan komik merupakan fokus utama minatnya dalam seni rupa, meskipun ia sering mengeksplorasi dan bekerja dengan berbagai disiplin ilmu serta medium lain, yang membuat karyanya kaya akan variasi teknik dan pendekatan. Selain mengerjakan berbagai karya seni personal, Gandhi juga mengerjakan karya commission yang banyak terlibat dengan brand dan band dari berbagai negara. 

Saat ini, Gandhi menekuni studi dan analisis teknik serta media yang digunakan oleh manusia prasejarah, khususnya dalam lukisan gua yang ditemukan di kawasan Maros-Pangkep, Sulawesi Selatan. Proyek ini bertujuan untuk menelusuri kembali akar-akar dari praktik seni rupa yang dia lakukan. Ia berharap proyek ini dapat mewujud sebagai usaha memunculkan pengetahuan dan perspektif baru tentang gambar gua purba melalui penciptaan karya seni.

Dalam Rangka adalah nama pameran residensi Baku Konek yang diselenggarakan di Riwanua. Kuratorial pameran ini berangkat dari diskusi mengenai bagaimana melanjutkan pekerjaan yang pernah dimulai memang kadang terasa sulit jika dikerjakan sendiri. 

Olehnya kerja bersama menjadi kunci jawaban. Selama program ini, dua seniman peserta residensi dari dua kota berbeda di Indonesia, memilih Riwanua, Makassar sebagai tempat untuk menjalin pertemanan baru dan  bekerja bersama selama 5 minggu. Menyelingi hari-hari bersama para pegiat Riwanua dengan percakapan-percakapan dan aktivitas-aktivitas sehari-hari, keduanya menempatkan masa residensi ini tidak melulu tentang penciptaaan karya akhir hasil program, tapi lebih dari itu: dalam rangka keberlanjutan bersama. 

  • Bagikan

Exit mobile version