Elektabilitas Calon Gubernur Sulsel dari Tiga Lembaga Survei

  • Bagikan
Calon Gubernur Sulsel 2024

Survei ini mengungkapkan bahwa meski Andi Sudirman saat ini memimpin, masih ada peluang bagi kandidat lain untuk mempengaruhi para pemilih yang belum memutuskan pilihannya.

*Survei Katadata Insight Center*

Hasil survei lainnya datang dari Katadata Insight Center (KIC), yang dilakukan pada periode 3-9 Mei 2024. Survei ini menggunakan metode survei online dengan 869 responden dan margin of error sebesar ±3,3 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Dalam survei ini, Andi Sudirman Sulaiman unggul dengan 23,8 persen suara, sementara Rusdi Masse Mappasessu berada di urutan kedua dengan 11,8 persen, dan Adnan Purichta Ichsan di posisi ketiga dengan 11,1 persen. Danny Pomanto, yang juga merupakan kandidat dalam survei ini, hanya memperoleh 6,3 persen, menempatkannya di posisi keenam.

Hasil ini menegaskan popularitas Andi Sudirman di mata publik Sulawesi Selatan, di mana ia dinilai sebagai tokoh yang paling pantas memimpin provinsi ini untuk periode berikutnya.

*Survei PKN*

Lembaga PKN juga merilis hasil survei mereka yang dilakukan pada 3-9 Juni 2024. Survei ini diikuti oleh 1.067 responden yang diambil menggunakan metode Simple Random Sampling di seluruh wilayah Sulawesi Selatan. 

Dengan margin of error ±5 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen, survei ini memberikan gambaran lain mengenai peta elektabilitas di Pilgub Sulsel.

Dalam survei ini, Andi Sudirman berada di urutan ketiga dengan 9,75 persen suara, di belakang Andi Iwan Darmawan Aras (14,71 persen) dan Ilham Arief Sirajuddin (11,34 persen). Danny Pomanto berada di posisi keempat dengan 6,65 persen suara. Survei ini juga mencatat bahwa 37,68 persen pemilih belum menentukan pilihan, menandakan masih tingginya tingkat ketidakpastian di kalangan pemilih.

  • Bagikan

Exit mobile version